E-COMMERCE
E-Commerce
adalah sebuah terobosan bisnis baru di bidang elektronik. Karena dunia semakin
berkembang maka banyak pembisnis atau seorang wirausahawan yang menggunakan
e-commerce sebagai bahan penambah hasil bagi mereka. Secara umum e-commerce dapat didefinisikan sebagai segala
bentuk transaksi perdagangan/perniagaan barang atau jasa (trade of goods and
service) dengan menggunakan media elektronik. Jelas, selain dari yang telah
disebutkan di atas, bahwa kegiatan perniagaan tersebut merupakan bagian dari
kegiatan bisnis. Kesimpulannya, “e-commerce is a part of e-business”.
e-commerce merupakan suatu set dinamis
teknologi, aplikasi dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen
dan komunitas melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan
dan informasi yang dilakukan secara elektronik.
E-commerce digunakan sebagai transaksi bisnis antara perusahaan yang satu dengan perusahaan yang lain, antara perusahaan dengan pelanggan (customer), atau antara perusahaan dengan institusi yang bergerak dalam pelayanan public. Jika diklasifikasikan, sistem e-commerce terbagi menjadi tiga tipe aplikasi, yaitu
·
Electronic
Markets (EMs).
EMs adalah sebuah sarana yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk melakukan/menyajikan penawaran dalam sebuah segmen pasar, sehingga pembeli dapat membandingkan berbagai macam harga yang ditawarkan. Dalam pengertian lain, EMs adalah sebuah sistem informasi antar organisasi yang menyediakan fasilitas-fasilitas bagi para penjual dan pembeli untuk bertukar informasi tentang harga dan produk yang ditawarkan. Keuntungan fasilitas EMs bagi pelanggan adalah terlihat lebih nyata dan efisien dalam hal waktu. Sedangkan bagi penjual, ia dapat mendistribusikan informasi mengenai produk dan service yang ditawarkan dengan lebih cepat sehingga dapat menarik pelanggan lebih banyak.
EMs adalah sebuah sarana yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk melakukan/menyajikan penawaran dalam sebuah segmen pasar, sehingga pembeli dapat membandingkan berbagai macam harga yang ditawarkan. Dalam pengertian lain, EMs adalah sebuah sistem informasi antar organisasi yang menyediakan fasilitas-fasilitas bagi para penjual dan pembeli untuk bertukar informasi tentang harga dan produk yang ditawarkan. Keuntungan fasilitas EMs bagi pelanggan adalah terlihat lebih nyata dan efisien dalam hal waktu. Sedangkan bagi penjual, ia dapat mendistribusikan informasi mengenai produk dan service yang ditawarkan dengan lebih cepat sehingga dapat menarik pelanggan lebih banyak.
·
Electronic
Data Interchange (EDI).
EDI adalah sarana untuk mengefisienkan pertukaran data transaksi-transaksi reguler yang berulang dalam jumlah besar antara organisasi-organisasi komersial.
Secara formal EDI didefinisikan oleh International Data Exchange Association (IDEA) sebagai “transfer data terstruktur dengan format standard yang telah disetujui yang dilakukan dari satu sistem komputer ke sistem komputer yang lain dengan menggunakan media elektronik”.
EDI sangat luas penggunaannya, biasanya digunakan oleh kelompok retail yang besar ketika melakukan bisnis dagang dengan para supplier mereka.
EDI memiliki standarisasi pengkodean transaksi perdagangan, sehingga organisasi komersial tersebut dapat berkomunikasi secara langsung dari satu sistem komputer yang satu ke sistem komputer yang lain tanpa memerlukan hardcopy, faktur, serta terhindar dari penundaan, kesalahan yang tidak disengaja dalam penanganan berkas dan intervensi dari manusia.
Keuntungan dalam menggunakan EDI adalah waktu pemesanan yang singkat, mengurangi biaya, mengurangi kesalahan, memperoleh respon yang cepat, pengiriman faktur yang cepat dan akurat serta pembayaran dapat dilakukan secara elektronik.
EDI adalah sarana untuk mengefisienkan pertukaran data transaksi-transaksi reguler yang berulang dalam jumlah besar antara organisasi-organisasi komersial.
Secara formal EDI didefinisikan oleh International Data Exchange Association (IDEA) sebagai “transfer data terstruktur dengan format standard yang telah disetujui yang dilakukan dari satu sistem komputer ke sistem komputer yang lain dengan menggunakan media elektronik”.
EDI sangat luas penggunaannya, biasanya digunakan oleh kelompok retail yang besar ketika melakukan bisnis dagang dengan para supplier mereka.
EDI memiliki standarisasi pengkodean transaksi perdagangan, sehingga organisasi komersial tersebut dapat berkomunikasi secara langsung dari satu sistem komputer yang satu ke sistem komputer yang lain tanpa memerlukan hardcopy, faktur, serta terhindar dari penundaan, kesalahan yang tidak disengaja dalam penanganan berkas dan intervensi dari manusia.
Keuntungan dalam menggunakan EDI adalah waktu pemesanan yang singkat, mengurangi biaya, mengurangi kesalahan, memperoleh respon yang cepat, pengiriman faktur yang cepat dan akurat serta pembayaran dapat dilakukan secara elektronik.
·
Internet
Commerce.
Internet commerce adalah penggunaan internet yang berbasis teknologi
informasi dan komunikasi untuk perdagangan. Kegiatan komersial ini seperti iklan dalam penjualan produk dan jasa. Transaksi yang dapat dilakukan di internet antara lain pemesanan/pembelian barang dimana barang akan dikirim melalui pos atau sarana lain setelah uang ditransfer ke rekening penjual.
Penggunaan internet sebagai media pemasaran dan saluran penjualan terbukti mempunyai keuntungan antara lain untuk beberapa produk tertentu lebih sesuai ditawarkan melalui internet; harga lebih murah mengingat membuat situs di internet lebih murah biayanya dibandingkan dengan membuka outlet retail di berbagai tempat; internet merupakan media promosi perusahaan
dan produk yang paling tepat dengan harga yang relatif lebih murah; serta pembelian melalui internet akan diikuti dengan layanan pengantaran barang sampai di tempat pemesan.
Internet commerce adalah penggunaan internet yang berbasis teknologi
informasi dan komunikasi untuk perdagangan. Kegiatan komersial ini seperti iklan dalam penjualan produk dan jasa. Transaksi yang dapat dilakukan di internet antara lain pemesanan/pembelian barang dimana barang akan dikirim melalui pos atau sarana lain setelah uang ditransfer ke rekening penjual.
Penggunaan internet sebagai media pemasaran dan saluran penjualan terbukti mempunyai keuntungan antara lain untuk beberapa produk tertentu lebih sesuai ditawarkan melalui internet; harga lebih murah mengingat membuat situs di internet lebih murah biayanya dibandingkan dengan membuka outlet retail di berbagai tempat; internet merupakan media promosi perusahaan
dan produk yang paling tepat dengan harga yang relatif lebih murah; serta pembelian melalui internet akan diikuti dengan layanan pengantaran barang sampai di tempat pemesan.
Aspek keamanan biasanya
seringkali ditinjau:
·
Confidentiality
Confidentiality merupakan
aspek yang menjamin kerahasiaan data atau informasi. Sistem yang digunakan
untuk mengimplementasikan e-procurement harus dapat menjamin kerahasiaan data
yang dikirim, diterima dan disimpan. Bocornya informasi dapat berakibat
batalnya proses pengadaan.
Kerahasiaan ini dapat diimplementasikan dengan berbagai cara,
seperti misalnya menggunakan teknologi kriptografi dengan melakukan proses
enkripsi (penyandian, pengkodean) pada transmisi data, pengolahan data
(aplikasi dan database), dan penyimpanan data (storage). Teknologi kriptografi
dapat mempersulit pembacaan data tersebut bagi pihak yang tidak berhak.
Seringkali perancang dan implementor dari sistem informasi atau
sistem transaksi elektronik lalai dalam menerapkan pengamanan. Umumnya
pengamanan ini baru diperhatikan pada tahap akhir saja sehingga pengamanan
lebih sulit diintegrasikan dengan sistem yang ada. Penambahan pada tahap akhir
ini menyebabkan sistem menjadi tambal sulam. Akibat lain dari hal ini adalah
adanya biaya yang lebih mahal daripada jika pengamanan sudah dipikirkan dan
diimplementasikan sejak awal.
·
Integrity
Integrity merupakan aspek yang menjamin bahwa
data tidak boleh berubah tanpa ijin pihak yang berwenang (authorized).
Untuk aplikasi e-procurement, aspek integrity ini sangat penting. Data yang
telah dikirimkan tidak dapat diubah oleh pihak yang berwenang. Pelanggaran
terhadap hal ini akan berakibat tidak berfungsinya sistem e-procurement. Secara
teknis ada banyak cara untuk menjamin aspek integrity ini, seperi misalnya
dengan menggunakan messange
authentication code, hash
function, digital
signature.
·
Availability
Availability merupakan aspek yang menjamin bahwa
data tersedia ketika dibutuhkan. Dapat dibayangkan efek yang terjadi ketika
proses penawaran sedang dilangsungkan ternyata sistem tidak dapat diakses
sehingga penawaran tidak dapat diterima. Ada kemungkinan pihak-pihak yang
dirugikan karena tidak dapat mengirimkan penawaran, misalnya.
Hilangnya layanan dapat
disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari benca alam (kebakaran, banjir, gempa
bumi), ke kesalahan sistem (server rusak, disk rusak, jaringan putus), sampai
ke upaya pengrusakan yang dilakukan secara sadar (attack). Pengamanan terhadap
ancaman ini dapat dilakukan dengan menggunakan sistem backup dan menyediakan disaster recovery center (DRC) yang dilengkapi dengan panduan
untuk melakukan pemulihan (disaster recovery plan).
·
Non-repudiation
Non-repudiation merupakan
aspek yang sangat penting dalam transaksi elektronik. Aspek ini seringkali
dilupakan. Aspek non-repudiation menjamin bahwa pelaku transaksi tidak dapat
mengelak atau menyangkal telah melakukan transaksi.
Dalam sistem transaksi konvensional, aspek non-repudiation ini
diimplementasikan dengan menggunakan tanda tangan. Dalam transaksi elektronik,
aspek non-repudiation dijamin dengan penggunaan tanda tangan digital (digital signature), penyediaan audit trail (log), dan pembuatan sistem dapat
diperiksa dengan mudah (auditable). Implementasi mengenai hal ini sudah
tersedia, hanya perlu diaktifkan dan diakui saja. Dalam rancangan Cyberlaw
Indonesia – yang dikenal dengan nama RUU Informasi dan Transaksi Elektronik –
tanda tangan digital diakui sama sahnya dengan tanda tangan konvensional.
·
Standar Pengamanan
Dalam upaya untuk memenuhi aspek-aspek tersebut di atas, sistem
perlu dirancang dan diimplementasikan sesuai dengan standar yang berlaku. Ada
beberapa standar yang dapat diikuti, mulai dari standar yang sifatnya formal
(seperti ISO 17799) sampai ke standar yang sifatnya lebih praktis dan
operasional (yang sering disebut best
practice).
·
Evaluasi Secara Berkala
Untuk membuktikan aspek-aspek tersebut sistem informasi perlu
diuji secara berkala. Pengujian atau evaluasi ini sering disebut dengan istilah
audit, akan tetapi bukan audit keuangan. Untuk menghindari kerancuan ini
biasanya sering digunakan istilah assesement.
Evaluasi secara berkala bisa dilakukan dalam level yang berbeda,
yaitu dari level management (non-teknis) dan level teknis. Masing-masing level
ini dapat dilakukan dengan menggunakan metodologi yang sudah baku. Evaluasi
untuk lebel non-teknis biasanya dilakukan dengan menggunakan metoda evaluasi
dokumen. Metoda ini yang banyak dilakukan oleh auditor Indonesia. Namun, metoda
ini belum cukup. Dia harus dilengkapi dengan evaluasi yang levelnya teknis sebab
seringkali kecukupan dokumen belum dapat memberikan perlindungan. Sebagai
contoh, seringkali auditor hanya mencatat bahwa sistem memiliki firewall
sebagai pelindung jaringan. Akan tetapi jarang yang melakukan evaluasi teknis
sampai menguji konfigurasi dan kemampuan firewall tersebut.
Keuntungan dan kerugian dari E-Commerce
Dalam menggunakan E-Commerce tersebut tenyata ada
keuntungan dan kerugian bagi para pebisnis dan juga para konsumen. Keuntungan
dan kekurangan dari E-Commerce dirangkum menjadi dua bagian,yang diantaranya
ialah perusahaan dan konsumen. Adapun keuntungan E-Commerce pada perusahaan
adalah
- Memberikan kesempatan kepada perusahaan untuk meningkatkan pemasaran barang dan jasa secara global.
- Mengurangi penggunaan kertas di berbagai aktifitas mulai dari tahapan desain, produksi, pengepakan, pengiriman, distribusi hingga marketing.
- Mengurangi keterlambatan waktu dalam pengiriman dan penyimpanan karena antara sistem produksi, pengepakan, penyimpanan dan distribusi yang dihubungkan secara online.
- Membantu perusahaan-perusahaan yang memproduksi barang dan jasa yang sangat spesifik tidak dapat dipasarkan dalam bisnis secara fisik, dikarenakan keterbatasan konsumen, tempat dan biaya promosi yang tinggi.
- Mengurangi waktu dan biaya promosi dari barang dan jasa yang dipasarkan karena tersedianya informasi secara menyeluruh di internet sepanjang waktu.
Ada beberapa faktor pendorong yang muncul dan berkembangnya
keamanan E-Commerce, yang diantaranya ialah:
• Kemajuan infrasutruktur
sistem komunikasi yang lebih baik.
• Meledaknya sistem perdagangan global sehingga lambat laun banyak
yang menggunakannya.
• Sistem perdagangan real time yang tidak pernah berhenti.
• Meningkatkan rasa pengertian atau penghargaan terhadap segala
resiko yang mungkin terjadi.
• Tersedianya teknologis sistem keamanan (security) yang lebih
baik.
• Sistem keamanan sebagai
aset yang berharga.
Definisi
E-commerce menurut beberapa ahli
- Robert E. Johnson, III (http://www.cimcor.com), e-commercemerupakan suatu tindakan melakukan transaksi
bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi
yang paling utama.
- Website Planetweb E-commerce Solutions, e-commercememiliki
arti bahwa sebuah website dapat
menjadi sebuah modal bagi perusahaan, dimana website tersebut dapat
menghasilkan uang dan dapat menggambarkan perusahaan anda di internet pada saat yang bersamaan.
- Website E-commerce Net, secara
sederhana dijelaskan bahwa e-commerce adalah menjual barang dagangan dan / atau
jasa melalui internet. Seluruh pelaku yang terlibat dalam bisnis praktis
diaplikasikan disini, seperti customer service, produk yang tersedia,
kebijakan-kebijakan pengembalian barang dan uang, periklanan, dll.
- Gary Coulter dan John Buddemeir (E-commerce Outline) : e-commerce berhubungan dengan
penjualan, periklanan, pemesanan produk, yang semuanya dikerjakan melalui
internet. Beberapa perusahaan memilih untuk menggunakan kegiatan bisnis ini
sebagai tambahan metode bisnis tradisional, sementara yang lainnya menggunakan
internet secara eksklusif untuk mendapatkan para pelanggan yang berpotensi.
Sumber :
0 comments:
Post a Comment