E-MARKETING
Beberapa
tahun belakangan ini kemajuan di bidang internet sangat pesat. Para pebisnis
juga ikut andil dalam memasarkan productnya melalui internet. Indonesia sudah
mampu merambah internet marketing dunia yang tentu saja berdampak baik dalam
segala bidang terutama industry. Dengan Internet Marketing yang semakin
meningkat, angka penjualan produk Indonesia di segala industry dapat meningkat
pesat seiring dengan internet marketing yang semakin ramai.
Lebih
jelasnya lagi Email marketing yaitu cara pemasaran yang sering dilakukan
oleh para pebisnis online dengan memanfaatkan media email (surat elektronik).
Email marketing ini dikirimkan kepada calon pelanggan yang belum pernah membeli
produk, dan juga kepada pelanggan yang sudah menjadi pelanggan. Selain
mengirimkan email penawaran produk ke calon pembeli, media email juga sering
digunakan sebagai media untuk menjalin hubungan baik dengan para subscriber
melalui email news letter.
Dengan
email marketing, seorang pengusaha dapat selalu terhubung dengan pelanggan
ataupun calon pelanggan mereka secara terus menerus. Selain untuk menawarkan
produk, email marketing juga dapat membuat hubungan antara pebisnis dengan para
pelanggan mereka tetap terjaga dengan baik dalam jangka panjang.
Perbedaan antara e-Business,
e-Commerce and e-Marketing
e-Business
adalah kesatuan yang sangat luas melibatkan suatu sistem kompleks yang
memanfaatkan medium elektronik untuk melakukan atau membantu aktivitas bisnis
tertentu. e-Commerce paling tepat di definisikan dalam konteks transaksi.
Sebagai contoh transaksi elektronik dari uang, informasi atau hiburan masuk
dalam kategori e-Commerce. Secara teknis, e-Commerce adalah bagian dari
e-Business. Seperti sudah di jelaskan di atas, e-Marketing adalah bagian dari
e-Business yang melibatkan medium elektronik untuk mencapai tujuan Marketing.
e-Marketing berada pada level stratejik sebagai pelengkap dari marketing dan
strategi bisnis tradisional. Selain itu masih ada satu istilah lagi yaitu
interactive-Marketing, dan secara umum dapat diartikan sebagai bagian dari
e-Marketing yang melibatkan suatu level interaksi.
E-Marketing
tidak tergantung tempat dan waktu, fungsi front office yang melayani kedatangan
konsumen pada pemasaran tradisional yang selama ini digunakan digantikan oleh
situs web. Dalam pemasaran tradisional, tempat dan waktu sangat dibutuhkan
untuk mendisplay produk, pemanfaatan space untuk promosi dan publikasi atau
sosialisasi produk atau jasa terbaru, dibutuhkan sejumlah sumber daya manusia
untuk pelayanan tatap muka, berkomunikasi dan bertukar informasi secara
langsung dengan konsumen, pembayaran, pengaduan. Dalam web site, kebutuhan
untuk aktifitas tersebut dapat dipenuhi tanpa harus menyediakan tempat secara
fisik dan tanpa ada batasan waktu dalam hari dan jam sepanjang tahun, semua
bauran pemasaran dideskripsi secara digital.
Type Email Marketing terbagi menjadi beberapa bagian,
yaitu:
1.
Direct
Email
Direct email adalah pesan yang Anda kirim ke
list email pelanggan dimana email tersebut adalah berisi pesan
penawaran atau promosi. Direct email bisa dalam bentuk teks saja atau bisa
juga dalam bentuk HTML yang berisi pesan dalam bentuk multimedia yang menarik.
2.
Retention
Email
Retention email adalah email yang kita kirimkan
kepada pelanggan lama agar tetap terhubung dengan bisnis kita, ini sangat
krusial bagi semua jenis bisnis. Isi pesan retention email biasanya bertujuan
untuk menjaga hubungan baik antara pengusaha dan para pelanggan mereka, ini
adalah salah satu cara berbeda untuk menawarkan produk kita ke pelanggan.
Dengan begitu, kita akan lebih mudah untuk memasarkan produk atau jasa baru
kepada para pelanggan dengan pendekatan yang unik.
3.
Beriklan
di Email Orang Lain
Ini adalah salah satu bentuk marketing yang
sangat efektif dalam pemasaran secara online. Bagi kita yang belum memiliki
banyak email list dan subscriber, kita bisa memanfaatkan email list dari
publisher lain dengan membayarkan sejumlah uang kepada mereka agar mau
mengirimkan email kepada list mereka dimana di dalam
email tersebut terdapat pesan promosi bisnis kita.
Dalam pembuatan E-marketing juga tidak asal saja, harus terdapat beberapa
unsur-unsur di dalamnya, yaitu:
1) Siapkan
autoresponder
Autoresponder
adalah sebuah aplikasi yang akan mengelola kegiatan email marketing yang Anda
lakukan. Autoresponder akan mengurus semuanya, mulai dari menyediakan formulir
pendaftaran prospek, mengirim pesan ke prospek, mengelola daftar prospek
dan banyak lagi. Autoresponder ada yang gratis dan ada yang berbayar.
2) Siapkan
halaman landing page
Halaman
landing page adalah halaman tempat Anda meletakkan formulir pendaftaran
autoresponder Anda. Jadi, orang-orang yang mau mendaftar ke dalam list Anda
terlebih dahulu harus mengunjungi halaman landing page tadi. Contoh halaman landing
page misalnya seperti halaman yang tadi Anda buka saat membaca tentang
studi kasus email marketing.
3) Siapkan
pula hadiah menarik agar orang-orang tertarik mendaftar ke dalam list Anda
Hadiah
nya bisa berupa ebook, video tutorial, buku, voucher diskon, penawaran menarik,
dan lain sebagainya.
4) Jika
ketiga hal dari nomor 1 -3 sudah siap maka segeralah mulai email marketing Anda.
Dapatkan prospek sebanyak dan seefektif mungkin.
5) Jika
sudah dapat banyak orang yang bergabung dalam list Anda, maka kirimi
orang-orang tersebut dengan berbagai konten (informasi) yang bermanfaat. Ingat
harus bermanfaat. Konten yang berisi promosi hanya perlu Anda kirimkan sesekali
saja. Utamakan melakukan strategi soft selling.
Adapun kekurangan serta kelebihan
Enternet Marketing (E-Marketing)
Kekurangan:
- Ketergantungan pada teknologi
- Isu keamanan dan privasi
- Adanya biaya pemeliharaan karena
teknologi yang terus berkembang
- Akses teknologi yang belum merata
terutama di Indonesia
- Transparansi harga sehingga
mengakibatkan meningkatnya kompetisi harga
- Kompetisi global
Kelebihan:
·
Mampu menjangkau berbagai konsumen dalam
suatu lingkungan yang belum dipenuhi oleh pesaing.
·
Target adalah konsumen yang telah
terbagi ke dalam kelompok dan mengembangkan dialog berkelanjutan
·
Transaksi binis secara elektronik dan dengan
biaya yang rendah.
E-mail dan data files dapat dipindahkan kepada konsumen yang terpilih atau semua konsumen dalam hitungan detik
E-mail dan data files dapat dipindahkan kepada konsumen yang terpilih atau semua konsumen dalam hitungan detik
·
Proses penjualan langsung dari produsen
ke pengguna tanpa harus melewati jalur distribusi klasik.
·
Dapat menambahkan produk untuk dipasarkan
secara cepat dan melakukan perubahan dalam rencana penjualan dengan sangat
cepat.
·
Dapat melacak kegiatan penjualan yang
sudah terjadi, langkah-langkahnya dan hasil yang didapat.
·
Dapat mengawasi pesaing
·
Menciptakan dialog antara perusahaan
dengan konsumen
·
Dapat mendistribusikan program dan
informasi tentang produk melalui E-mail atau file transfer.
Sumber: