Monday, 30 March 2015

E-Marketing (Softskils) Tugas 2

Posted by Unknown at 22:14
E-MARKETING

Beberapa tahun belakangan ini kemajuan di bidang internet sangat pesat. Para pebisnis juga ikut andil dalam memasarkan productnya melalui internet. Indonesia sudah mampu merambah internet marketing dunia yang tentu saja berdampak baik dalam segala bidang terutama industry. Dengan Internet Marketing yang semakin meningkat, angka penjualan produk Indonesia di segala industry dapat meningkat pesat seiring dengan internet marketing yang semakin ramai.
Lebih jelasnya lagi Email marketing yaitu cara pemasaran yang sering dilakukan oleh para pebisnis online dengan memanfaatkan media email (surat elektronik). Email marketing ini dikirimkan kepada calon pelanggan yang belum pernah membeli produk, dan juga kepada pelanggan yang sudah menjadi pelanggan. Selain mengirimkan email penawaran produk ke calon pembeli, media email juga sering digunakan sebagai media untuk menjalin hubungan baik dengan para subscriber melalui email news letter.
Dengan email marketing, seorang pengusaha dapat selalu terhubung dengan pelanggan ataupun calon pelanggan mereka secara terus menerus. Selain untuk menawarkan produk, email marketing juga dapat membuat hubungan antara pebisnis dengan para pelanggan mereka tetap terjaga dengan baik dalam jangka panjang.

Perbedaan antara e-Business, e-Commerce and e-Marketing
e-Business adalah kesatuan yang sangat luas melibatkan suatu sistem kompleks yang memanfaatkan medium elektronik untuk melakukan atau membantu aktivitas bisnis tertentu. e-Commerce paling tepat di definisikan dalam konteks transaksi. Sebagai contoh transaksi elektronik dari uang, informasi atau hiburan masuk dalam kategori e-Commerce. Secara teknis, e-Commerce adalah bagian dari e-Business. Seperti sudah di jelaskan di atas, e-Marketing adalah bagian dari e-Business yang melibatkan medium elektronik untuk mencapai tujuan Marketing. e-Marketing berada pada level stratejik sebagai pelengkap dari marketing dan strategi bisnis tradisional. Selain itu masih ada satu istilah lagi yaitu interactive-Marketing, dan secara umum dapat diartikan sebagai bagian dari e-Marketing yang melibatkan suatu level interaksi.
E-Marketing tidak tergantung tempat dan waktu, fungsi front office yang melayani kedatangan konsumen pada pemasaran tradisional yang selama ini digunakan digantikan oleh situs web. Dalam pemasaran tradisional, tempat dan waktu sangat dibutuhkan untuk mendisplay produk, pemanfaatan space untuk promosi dan publikasi atau sosialisasi produk atau jasa terbaru, dibutuhkan sejumlah sumber daya manusia untuk pelayanan tatap muka, berkomunikasi dan bertukar informasi secara langsung dengan konsumen, pembayaran, pengaduan. Dalam web site, kebutuhan untuk aktifitas tersebut dapat dipenuhi tanpa harus menyediakan tempat secara fisik dan tanpa ada batasan waktu dalam hari dan jam sepanjang tahun, semua bauran pemasaran dideskripsi secara digital.

Type Email Marketing terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu:
1.      Direct Email
Direct email adalah pesan yang Anda kirim ke list email pelanggan dimana email tersebut adalah berisi pesan penawaran atau promosi. Direct email bisa dalam bentuk teks saja atau bisa juga dalam bentuk HTML yang berisi pesan dalam bentuk multimedia yang menarik.

2.      Retention Email
Retention email adalah email yang kita kirimkan kepada pelanggan lama agar tetap terhubung dengan bisnis kita, ini sangat krusial bagi semua jenis bisnis. Isi pesan retention email biasanya bertujuan untuk menjaga hubungan baik antara pengusaha dan para pelanggan mereka, ini adalah salah satu cara berbeda untuk menawarkan produk kita ke pelanggan. Dengan begitu, kita akan lebih mudah untuk memasarkan produk atau jasa baru kepada para pelanggan dengan pendekatan yang unik.
3.      Beriklan di Email Orang Lain
Ini adalah salah satu bentuk marketing yang sangat efektif dalam pemasaran secara online. Bagi kita yang belum memiliki banyak email list dan subscriber, kita bisa memanfaatkan email list dari publisher lain dengan membayarkan sejumlah uang kepada mereka agar mau mengirimkan email kepada list mereka dimana di dalam email tersebut terdapat pesan promosi bisnis kita.
Dalam pembuatan E-marketing juga tidak asal saja, harus terdapat beberapa unsur-unsur di dalamnya, yaitu:
1)      Siapkan autoresponder
Autoresponder adalah sebuah aplikasi yang akan mengelola kegiatan email marketing yang Anda lakukan. Autoresponder akan mengurus semuanya, mulai dari menyediakan formulir pendaftaran prospek, mengirim pesan ke prospek, mengelola daftar prospek dan banyak lagi. Autoresponder ada yang gratis dan ada yang berbayar.

2)      Siapkan halaman landing page
Halaman landing page adalah halaman tempat Anda meletakkan formulir pendaftaran autoresponder Anda. Jadi, orang-orang yang mau mendaftar ke dalam list Anda terlebih dahulu harus mengunjungi halaman landing page tadi. Contoh halaman landing page misalnya seperti halaman yang tadi Anda buka saat membaca tentang studi kasus email marketing.

3)      Siapkan pula hadiah menarik agar orang-orang tertarik mendaftar ke dalam list Anda
Hadiah nya bisa berupa ebook, video tutorial, buku, voucher diskon, penawaran menarik, dan lain sebagainya.

4)      Jika ketiga hal dari nomor 1 -3 sudah siap maka segeralah mulai email marketing Anda. Dapatkan prospek sebanyak  dan seefektif mungkin.

5)      Jika sudah dapat banyak orang yang bergabung dalam list Anda, maka kirimi orang-orang tersebut dengan berbagai konten (informasi) yang bermanfaat. Ingat harus bermanfaat. Konten yang berisi promosi hanya perlu Anda kirimkan sesekali saja. Utamakan melakukan strategi soft selling.

Adapun kekurangan serta kelebihan Enternet Marketing (E-Marketing)
Kekurangan:
  • Ketergantungan pada teknologi
  • Isu keamanan dan privasi
  • Adanya biaya pemeliharaan karena teknologi yang terus berkembang
  • Akses teknologi yang belum merata terutama di Indonesia
  • Transparansi harga sehingga mengakibatkan meningkatnya kompetisi harga
  • Kompetisi global
Kelebihan:
·         Mampu menjangkau berbagai konsumen dalam suatu lingkungan yang belum dipenuhi oleh pesaing.
·         Target adalah konsumen yang telah terbagi ke dalam kelompok dan mengembangkan dialog berkelanjutan
·          Transaksi binis secara elektronik dan dengan biaya yang rendah.
E-mail dan data files dapat dipindahkan kepada konsumen yang terpilih atau semua konsumen dalam hitungan detik
·         Proses penjualan langsung dari produsen ke pengguna tanpa harus melewati jalur distribusi klasik.
·          Dapat menambahkan produk untuk dipasarkan secara cepat dan melakukan perubahan dalam rencana penjualan dengan sangat cepat.
·         Dapat melacak kegiatan penjualan yang sudah terjadi, langkah-langkahnya dan hasil yang didapat.
·         Dapat mengawasi pesaing
·         Menciptakan dialog antara perusahaan dengan konsumen
·         Dapat mendistribusikan program dan informasi tentang produk melalui E-mail atau file transfer.

Sumber:




0 comments:

Post a Comment

 

my room Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei | web hosting